"saya-senang" Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan sebuah situs warisan dunia yang berada di Indonesia. Candi ini merupakan salah satu objek wisata yang banyak di kunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru. Selain disebut sebagai candi perambanan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Candi Loro Jonggrang. 

Selain sebagai objek wisata, Candi ini juga merupakan kompleks candi hindu terbesar di Indonesia. letaknya berada di kecamatan Prambanan, Sleman, 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Candi prambanan merupakan candi terindah di Asia Tenggara dengan gaya arsitekturnya yang bernilai tinggi dan bentuknya yang ramping.

Awal dibangun nya candi ini adalah 850 masehi oleh Rakai Pikatan, karena kemegahannya, candi Prambanan berfungsi sebagai candi agung Kerajaan Mataram, dan kini termasuk Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Ada terdapat 240 candi besar dan kecil di kompleks Candi Prambanan tapi sekarang hanya tersisa 18 candi, yaitu 8 candi utama dan 8 candi kecil di zona inti serta 2 candi perwara. Diantara candi yang lain candi dewa siwa merupakan candi yang paling diutaman dan ukuran nya hingga mencapai 47 meter dan lebar 34 meter berbeda dari candi dewa brahma dan dewa wisnu yang ukuran nya jauh lebih kecil. 

Candi Prambanan selalu menjadi candi yang memiliki daya tarik luar biasa bagi para wisatawan, ditambah dengan jalur menuju ke candi sangat mudah ditempuh dan tidak sulit membuat para pengunjung semakin antusias mengunjungi candi Prambanan.

0 Response to ""saya-senang" Candi Prambanan"

Post a Comment

Histat