"saya senang" apa itu android ?

Apa sih android itu...? mungkin masih banyak dari teman-teman sekalian yang masih belum tahu tentang Android, atau yang masih belum tahu tentang OS yang satu ini. Pada dasarnya Android itu adalah sebuah nama pada Operating Sistem pada suatu gadget seperti windows, linux, apple/MAC & symbian. Pengguna gadget tidaklah asing dengan Operating Sistem yang dikembangkan oleh Google Inc. ini.

Logo Android berbentuk robot mini dengan dua antena, ini melambangkan bahwa Android merupakan simbolisasi dari sistem operasi kelas atas untuk gadget dan smartphone. Dari awal peluncurannya pada tahun 2007, Android sudah beberapa kali melakukan pembaruan versinya. Versi pada Android memiliki nama yang unik (kebanyakan nama makanan).

VERSI-VERSI ANDROID
ANDROID VERSI 1.1 ?

Pada Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Di versi ini Google melengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi Jam Alarm, Voice Search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan e-mail.





ANDROID VERSI 1.5 ?(CUP CAKE)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan  SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 Cupcake. Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam versi ini yakni kemampuan merekan dan menonton video dengan modus kamera, menggunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.



ANDROID VERSI 1.6 ? (DONUT)

Donut (1.6) dirilis pada bulan September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera camrecorder dan galeri yang diintegrasikan, CDMA/EVDO , 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-Speech engine, kemampuan dial contact , teknologi text to change speech (tidak tersedia untuk semua ponsel), dan pengadaan resolusi WVGA.




ANDROID VERSI 2.0/2.1 ? (ECLAIR)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan Flash untuk kamera 3.2 MP (Mega Pixel), digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan generasi baru, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (Killer Apps-aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap aplikasi pengembang terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik. 

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah HH (HandHeld) Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi Android yang terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Background, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.


ANDROID VERSI 2.2 ? (FROZEN YOUGURT)

Pada 20 Mei 2010, Android Versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lipat, integrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang memercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan Wifi HotSpot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.




ANDROID VERSI 2.3 ? (GINGERBREAD)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang dapat ditemui di Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass bost), dan dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC),  dan dukungan jumlah kamera lebih dari satu. 

ANDROID VERSI 3.0/3.1 ? (HONEY COMB)

Android HoneyComb dirancang khusus untuk Tablet . Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada HoneyComb juga berbeda karena sudah didesain khusus untuk tablet. HoneyComb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan HoneyComb adalah Motorola Xoom.


ANDROID VERSI 4.0 ? (ICE CREAM SANDWICH)

Diumumkan pada tanggal 19 OKtober 2011, membawa fitur HoneyComb untuk ponsel pintar a.k.a Smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan sistem pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan media sosial. perangkat tambahan fotografi, mencari e-mail secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi versi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

ANDROID VERSI 4.2 ? (JELLY BEAN)

Android Jelly Bean yang pertama kali diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru (walaupun tampak sekilas tidak ada perbedaan yang signifikan dengan UI ICS), dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now  juga menjadi bagian yang diperbaharui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Perangkat yang pertama kali menggunakan Android versi 4.1 adalah Google Nexus 7. Pada JB versi 4.2, fitur yang diperbarui yakni fitur foto sphere untuk panorama, daydream sebagai sreensaver, power control, Widget locksreen, menjalankan banyak user (khusus untuk perangkat tablet), dan widget terbaru. Pengguna pertam versi 4.2 ini adalah LG Google Nexus 4.

sekian dari saya, terima kasih.

bagi yang ingin meniggalkan jejak bisa share link masing-masing ^_^

ingat kata pepatah "berbagi itu indah"

0 Response to ""saya senang" apa itu android ?"

Post a Comment

Histat