"saya-senang" Gedung Kuning

Sejarah nama gedung kuning awalnya yaitu tempat bangunan pesanggrahan pada zaman Sultan, tokoh-tokoh lainnya yang merupakan warga asli Yogyakarta. Setiap menyusuri jalan yang ada di kota Jogja itu banyak sekali nama jalan ataupun daerah yang menggunakan nama tokoh-tokoh atau sebuah sejarah.

Asal-usul nama daerah yang berada di Kota Yogyakarta memang sangat menarik dengan klasifikasi yang sangat beragam. Dimana klasifikasi tersebut merupakan dari nama orang, tempat, zaman, tanaman, dan segala peristiwa yang terjadi pada jaman penjajahan. Sehingga dengan rasa bangga yang berhasil untuk memperjuangkan Negara Republik Indonesia, maka nama pejabat atau tokoh-tokoh bisa dijadikan nama tempat dan jalan oleh pemerintah Yogyakarta.



Pada zaman dahulu ada beberapa nama bangunan-bangunan yang sangat penting dalam peristiwa terjadinya jaman dahulu di setiap kawasan. Misalnya ada bangunan tempat gudang senjata api atau lebih dikenal dengan sebutan sorogini. Selain itu ada nama gedung kuning yang digunakan untuk tempat pesanggrahan Sultan Agung yang dilabur dengan warna kuning.

Dengan sejarah tersebut, maka pemerintah yang ada di Kota Yogyakarta telah merencanakan nama daerah dengan memakai nama bangunan tersebut. Maka dari itu, di Kota Yogyakarta ada nama daerah dengan menggunakan nama gedung kuning tersebut, yang sampai saat ini masih terkenal. Mungkin ada sudah pernah ke kota Yogyakarta kan? Pastinya ada tahu dimana letak daerah gedung tersebut.

0 Response to ""saya-senang" Gedung Kuning"

Post a Comment

Histat