"saya-senang" Pasar Patuk Yogyakarta


Pasar Pathuk Yogyakarta
Pasar Patuk Yogyakarta merupakan salah satu pasar tradisional yang masih eksis hingga kini diantara sekian pasar yang ada di yogyakarta. Pasar ini terletak yogyakarta tepatnya Ngampilan, Yogyakarta.

Pasar ini dibuka saat pagi hari, di bagian depan pasar dipenuhi penjual jajanan siap makan seperti teh panas hingga pecel dan goreng-gorengan. Di bagian dalam, penjual sayuran, daging, bahan lauk pauk banyak menjual dagangannya kesini. Dan lebih utamanya pasar ini menjual Bakpia Pathok.

Pasar yang didirikan pada tahunn 1977 ini terkenal dengan jajanan khas Yogyakarta, yaitu bakpia pathuk. Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang.

Pasar Pathuk YogyakartaBakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Tak herean kalau mayoritas pedagang di daerah pasar pathuk ini adalah etnis Cina. Ada lebih dari 100 merk. Bakpia yang paling terkenal adalah Bakpia Kurniasari, Bakpia 145, Bakpia 75, Bakpia 25, Bakpia Merlino, Bakpia Djava, dan Bakpia Kencana. Masing-masing merk memiliki ciri khas yang unik. Tetapi, walaupun demikian bakpia pathuk memiliki cita rasa tersendiri.

Pasar Pathuk adalah bangunan gedung ketoprak yang dialihfungsikan menjadi pasar tradisional. Pasar ini terletak di belakang kawasan Malioboro. Lokasi ini menjadi sangat strategis dengan keramaian dimana sebagaimana kita tahu bahwa malioboro merupakan salah satu pusat dan sekaligus ikon kota yogyakarta.

Penjualan bakpia disini biasanya oleh banyak pedagang dan harga yang ditawarkannyapun beragam. Untuk mendapatkan harag yang murah maka pandai-pandailah menawar.



0 Response to ""saya-senang" Pasar Patuk Yogyakarta"

Post a Comment

Histat